Sabtu, 29 Oktober 2011

Cumi Cah Kangkung

Guys !!

Hari ini gw berhasil menaklukan yg namanya cumi-cumi .. Walau cuma seekor ternyata bikin repot juga yach .. Secara gw emang blom pernah ngolah hewan laut yg satu ini ..

Alhasil gw bereksperimen dg bekal ilmu yg gw baca dr beberapa artikel .. And amazing booo ,, gw berhasil membersihkannya sedemikian bersih .. Tapi ada satu hal yg masih bikin gw penasaran ,, rasa amisnya kok ga mau hilang yach ?? Padahal gw udah ngikutin cara dari sebuah artikel buat ngerendem tuch cumi dg perasan air jeruk nipis ..
Kira-kira kenapa yach ???

Buat blogger yg baca artikel saya ini mohon berbagi pengalaman yach klo ada yg tau cara lain menghilangkan bau amis pada si cumi ini :)

Okey ini resep masakan pemula gw yg ke empat klo ga salah ..
Yukz di simak ...

***

Nama masakan gw kli ini adalah ....

~Cumi Cah Kangkung~


Bahan-bahan yg mesti di siapin antara lain ..
- 1 ekor cumi
- 2 ikat kangkung
- 1/4 bawang bombay
- 2 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- garam dan gula
- saori saus tiram
- lada bubuk
- air panas

Langkah pertama adalah menangani si CUMI ...
Pisahkan cumi dari mata dan sulurnya .. Kemudian bersihkan cumi dari kulit arinya yg berwarna merah hingga si cumi jadi putih mulus .. Jika ingin memakai sulurnya hilangkan matanya ... Sangath dianjurkan, saat membersihkan cumi diusahakan di bawah air yg mengalir ... Setelah cumi bersih lalu rendam dg perasan air jeruk nipis ... Diamkan beberapa menit hingga bau amisnya menghilang ...

Langkah kedua ...
Potong cumi yg telah dibersihkan sesuai selera, bisa berbentu dadu atau cincin ...
Klo gw sey td di potong dadu ..

Langkah ketiga ...
Siangi kangkung, bawang merah, putih dan bombay ... Kemudian iris bawang bombay dan bawang merah sesuai selera ... Untuk bawang putih biasanya saya geprek dulu baru kemudian di cincang ... Setelah siap semua panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan ...

Tahapan memasak ...
1. Tumis semua bawang hingga harum
2. Kemudian masukkan potongan cumi tumis hingga berubah warna dan jangan terlalu lama agar daging cumi tidak alot
3. Tambahhkan garam satu sendok teh dan satu sendok teh gula (atau sesuai selera)
4. Kemudian masukkan kangkung dan tambahkan air panas 300 cc (satu gelas belimbing)
5. Setelah itu tambahkan saori saus tiram satu sachet dan lada bubuk secukupnya
6. Masak hingga kangkung mengempis tapi jangan terlalu layu juga yach
7. Jika sudah cukup matang matikan kompor dan tiriskan

~SELAMAT MENIKMATI~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...