Rabu, 26 Oktober 2011

`tahu ceria saus tiram`

nulis itu sebenernya ga ribet lho ..
asal kita tahu apa yg mau kita tulis (lha iya, anak SD jga tau kli) ..

nah berhubung skarang gw lagi stay @my lovely humz alhasil tema blog gw kli ini adalah resep2 masakan ala gw sendiri (resep ala chef naun) --->> ini resep yg asli bikinan ala gw walau sedikit mengadop beberapa resep dr orang lain ..

tapi maksud gw di sini bikin blog adalah buat ngebantu temen-temen, sodara-sodara, ibu-ibu, tante-tante atau nenek-nenek yg emang pengen belajar masak tingkat pemula ..

karena yg gw adalah orang yg emang pada awalnya ga bisa masak sama sekali ...
kalo kata temen gw sey masak aer aja bisa ampe gosong, hahaha :p

resep masakan yg bakalan gw share adalah resep yg baru dicoba dan gw praktekkin langsung di dapur rumah gw, hasilnya juga akan ditampilin langsung lho ...

yuk mari disimak, diikutin, dan dicoba ...


***
ini masakan gw yg pertama gw publish lo ...


~tahu ceria saus tiram~

namanya sey biasa aja, tpi uniknya di sini adalah gw mask ney masakan tanpa bawang putih (#efek bawang putihnya abiz sey sebenernya tapi pengen nyoba berkreasi) ...

ini resepnya ..
yukz simak *.*

bahan yg mesti disiapin :
-1buah tahu besar putih kotak bisa jga pakai tahu putih yg kecil-kecil
-2buah sosis,,bisa juga diganti sama baso
-1buah wortel besar atau 2buah wortel ukuran sedang
-1/2potong jagung
-1/2siung bawang bombay
-13buah cabe rawit
-1bungkus saori saus tiram
-3 sendok tepung maizena (ada kok diwarung)
-1,5 sendok gula
-segelas air hangat

masaknya ala chef naun tuch gini ney >.<
*1buah tahu besar putih kotak dipotong-potong sesuai selera (klo gw sey sukanya segitu gedenya), bisa jga pakai tahu putih yg kecil-kecil terserah mau dipotong lagi atau ga
*2buah sosis atau lebih dipotong sesuai selera (klo gw suka motong serong),,bisa juga diganti sama baso *1buah wortel besar atau 2buah wortel ukuran sedang dibersihkan kulitnya lalu dipotong sesuai selera (klo suka wortel boleh ditambahin kok jumlahnya)
*1/2potong jagung lalu di sisir atau dicopotin dr batangnya (pke pisau aja biar cepet jangan pke tangan,,hehe :p)
*1/2siung bawang bombay diiris sesuai selera
*nah terakhir cabenya juga diiris-iris smua bahan udah siap ney tinggal di masak ,, sreng sreng sreng ...

step 1 .. masukkan minyak agak banyak yach !! lalu setelah panas masukkan tahunya, tunggu hingga agak sedikit matang, jgn terlalu coklat soalnya nanti khan di masak lagi, setelah itu angkat dan tiriskan

step 2 .. masukkan minyak ke penggorengan jangan terlalu banyak, yach kira-kira 5 sendok makan (bisa pke minyak sisa goreng tahu yg di step 1)

step 3 .. tunggu hingga panas kemudian masukkan bawang bombay dan cabe yg sudah dipotong-potong, tumis hingga harum (klo gw kemaren pas masak sey sampai terbersin-bersin and tersedak-sedak, hoho :p)

step 4 .. setelah harum masukkin dey sosisnya, 1 menitan kemudian masukkin wortel dan jagungnya dan jangan lupa ditambahin air panas 1 gelas belimbing ya (yach dikira-kira aja sey, klo kurang tambahin klo kelebihan diemin aja biar abis sendiri airnya)

step 5 .. klo udah kecampur semua tambahin 1 sachet saori saus tiram, lalu campur hingga rata, nah di step 5 ini juga kita tambahin gula 1,5 sendok aja klo suka manis bisa 2 sendok lah

step 6 .. tambahkan tepung maizena yg sebelumnya sudah dilarutkan dengan air panas 1/2 gelas, aduk hingga rata

step 7 .. terakhir klo semua bahan udah masuk tinggal nambahin tahunya dey, terus ditunggu sampe nyampur semuanya dan meresap ke tahu (ga usah lama-lama nunggu matengnya)

step 8 .. nah klo udah merasa masakan kamu mateng angkat dan tiriskan trus tinggal dinikmati dey (klo bingung udah mateng apa blom bisa di cicipi dlu kok sebelum dimatikan apinya)

~SELAMAT MENCOBA DAN MENIKMATI~

*** fiuuuhh.. Alhamdulillah selesai juga tulisan pertama gw tentang memasak .. semoga bisa bermanfaat ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...